STUDI DESKRIPTIF PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBIASAAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS VB SD NEGERI 01 RSBI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Putri, Dwi Aprianti , Pudji , Hartuti, Rita , Sinthia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4884/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-dwi.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4884/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-dwi.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4884/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter disiplin melalui pembiasaan sikap sopan santun siswa kelas VB SD Negeri 01 RSBI Kota Bengkulu. Dengan subjek penelitian guru yang mengajar di kelas VB dan siswa kelas VB berjumlah 25 siswa, laki-laki 15 orang dan perempuan 10 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan wawancara. Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data dengan menggunakan teori Bogdan dan Bicklen. Dari analisis data menunjukkan bahwa pola pembentukan karakter disiplin melalui pembiasaan sikap sopan santun siswa yang dilakukan oleh guru kelas VB SD Negeri 01 RSBI Kota Bengkulu yaitu, guru menerapkan sanksi berjenjang berupa: sanksi berupa teguran atau peringatan, berdiri di depan kelas sambil membaca, membersihkan halaman sekolah, membersihkan wc dan kamar mandi, sanksi fisik jongkok bangun di depan kelas dengan hitungan sendiri, berlari di halaman sekolah, pemanggilan siswa oleh kepala sekolah, dan pemanggilan orang tua siswa. Guru akan menentukan sanksi kepada siswa yang melanggar disiplin di sekolah sesuai dengan tingkat ketidak disiplinan siswa. Guru juga memberikan motivasi dan apresiasi bagi anak yang tidak melanggar, dengan tujuan bagi anak yang melanggar agar termotivasi untuk mencontoh temannya yang tidak melanggar ketentuan tersebut.