PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY PADA SISWA KELAS X MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

Main Author: Abas, Abas
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Bengkulu , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/488/1/02.%20Isi%20vol%20x%202012%20-%20Abas%20011-016.pdf
http://repository.unib.ac.id/488/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Penelitian ini dilakukan pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Indonesia pada siswa kelas X 5 dan X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok. Teknik pengambilan sampel yaitu secara tak acak bertujuan (purposive sampling). Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 44 orang siswa, yaitu kelas X 6 sebanyak 22 siswa dan kelas X sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes berupa tes tertulis bentuk uraian sebanyak 5 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney yang menggunakan harga kritik Z dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Z 6 hitung > Z (1,99 > 1,96). Maka dapat disimpulkan untuk menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha), yang artinya ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran GI dengan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran STM, dimana hasil belajar biologi siswa kelas X tabel yang menggunakan model pembelajaran STM, lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa kelas X yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI.