STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MODEL EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 74 KOTA BENGKULU

Main Authors: Budi Setiawan, Budi Setiawan, V. Karjiati, V. Karjiati, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4860/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-azr.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4860/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-azr.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4860/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran RME dengan model Ekspositori pada kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen dengan menggunakan Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu, yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar = 32,27, sedangkan pada kelas eksperimen 2 = 25,2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t dengan menggunakan data peningkatan pretest dan postest kedua kelas sampel. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,335 ≥ ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran RME dengan model pembelajaran Ekspositori pada kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu