PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DENGAN MODEL PAKEM PADA ANAK PAUD
Main Authors: | Oktari, Novliza , Wahiruddin, Wadin, Sofino, Sofino |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4770/1/Novliza%20Oktari%20A1J008035%20%28PLS%29.pdf http://repository.unib.ac.id/4770/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan Alat Permainan Edukatif dengan Model PAKEM yang diterapkan di PAUD Berlian Kandang Mas Kampung Melayu Kota Bengkulu yang meliputi : 1)Penyusunan Satuan kegiatan Harian menurut Model PAKEM, 2) Penerapan Satuan Kegiatan Harian Menurut Model PAKEM, 3)Evaluasi pembelajaran di PAUD Berlian. Metode yang digunakan alah metode deskriftif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah pengelola, peserta didik, guru di PAUD Belian Kamndang Mas Kampung Melayu Kota Bengkulu. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan kegiatan mengajar setiap guru atau tenaga pendidik terlebih dahulu menyiapkan Satuan Kegiatan Belajar dan setiap Tenaga Pendidik berkewajiban memilikinya. Sedangkan dalam Penerapan Pelajaranya sesuai dengan apa yang telah di susun di Satuan Kegiatan Harian dan tidak pernah terjadi perbedaan dengan apa yang telah di susun di satuan Kegiatan Harian dengan yang di terapkan di dalam kelas.Kemudian di dalam mengevaluasi tenaga pendidik menggunakan lembar evaluasi anak yang berisikan indikator-indikator atau aspek- aspek penguasaan materi.