UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKSARA DI AL-HILAL KOTA BENGKULU

Main Authors: Novita, Yulia , Sumarsih, Sumarsih, Sri , Saparahayuningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4767/1/YULIA%20A1I008044.pdf
http://repository.unib.ac.id/4767/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan bermain aksara dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak, khususnya kemampuan anak dalam mengenal huruf, menyebutkan huruf, merangkai huruf menjadi kata dan membaca kata sederhana. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan anak terutama dalam kemampuan anak mengenal huruf, menyebutkan huruf, merangkai huruf menjadi kata dan membaca kata sederhana dapat di tingkatkan dengan kegiatan bermain aksara dengan media kartu huruf. Subjek dalam penelitian ini yaitu berjumlah 15 orang dengan rincian 7 orang perempuan dan 8 orang laki laki. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus empat kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain aksara dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, hal ini dapat dilihat pada hasil kemampuan membaca permulaan pada siklus pertama 61,65% (dengan klasifikasi cukup) kemudian diperbaiki pada siklus hasilnya 95% (dengan klasifikasi sangat baik). Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru PAUD, bahwa terbukti dengan kegiatan bermain aksara dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.