PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS PADA ANAK USIA DINI
Main Authors: | Sulastri, Nita, Nina, Kurniah, M, Nasirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4756/1/NITA%20SULASTRI%20A1I008031.pdf http://repository.unib.ac.id/4756/ |
Daftar Isi:
- Fokus permasalahan penelitian ini (1) apakah penerapan metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas belajar sains anak, (2) faktor-faktor apa saja yang mendukung aktivitas belajar sains anak dengan penerapan metode inquiry, (3) faktor-faktor apa saja yang menghambat aktivitas belajar sains anak dengan penerapan metode inquiry di Kelas B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Satu Atap Desa Tengah Padang Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian anak-anak kelas B1 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan penerapkan metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas belajar sains anak. Persentase rata-rata enam aspek aktivitas belajar sains anak siklus I sebesar 57,8% meningkat di siklus II menjadi 85,55%. Adapun faktor yang mendukung aktivitas belajar sains anak antara lain rasa keingintahuan anak yang tinggi dan pembimbingan yang intensif oleh guru. Sedangkan faktor yang menghambat aktivitas belajar sains anak antara lain disiplin anak yang kurang pada saat proses pembelajaran dan beberapa media yang digunakan belum dikenal atau diketahui anak.