MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP
Main Authors: | Handayani, Lola, Nina, Kurniah, Afifatus , Sholihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4752/1/SKRIPSI%20LOLA%20HANDAYANI.pdf http://repository.unib.ac.id/4752/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap adapun subtema penelitian ini adalah pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan kata. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu. Subtema dalam penelitian ini yaitu kelompok B2 berjumlah 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. hasil penelitian ternyata metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak khususnya aspek pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan kata telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Data dikumpulkan dengan analisis data secara deskriptif kualitatif. Dalam menerapkan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak. Seorang guru direkomondasikan mencontohkan , menjelaskan, memberi penguatan dan media yang bervariasi untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung perkembangan berbicara anak.