MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP

Main Authors: Handayani, Lola, Nina, Kurniah, Afifatus , Sholihah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4752/1/SKRIPSI%20LOLA%20HANDAYANI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4752/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap adapun subtema penelitian ini adalah pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan kata. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu. Subtema dalam penelitian ini yaitu kelompok B2 berjumlah 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. hasil penelitian ternyata metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak khususnya aspek pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan kata telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Data dikumpulkan dengan analisis data secara deskriptif kualitatif. Dalam menerapkan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak. Seorang guru direkomondasikan mencontohkan , menjelaskan, memberi penguatan dan media yang bervariasi untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung perkembangan berbicara anak.