MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE (Di Kelas B Raudhatul Atfal Al-Hilal Kota Bengkulu)
Main Authors: | Haryati, Linni , Normansyah, Sendi, Effie , Efrida Muchlis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4750/1/SKRIPSI%20LINNI%20HARYATI%20A1I00826.pdf http://repository.unib.ac.id/4750/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui kegiatan bermain puzzle dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui kecerdasan emosional anak dapat dikembangkan dengan melalui bermain puzzle. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok B Raudhatul Atfal Al-Hilal Kota Bengkulu. Kelompok ini adalah 15 orang dengan rincian 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus 4 kali pertemuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan bermain puzzle dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak, yang dibuktikan dengan melihat hasil perhitungan disetiap aspek pengamatan mengalami peningkatan disetiap pertemuan. Untuk hasil aspek rasa senang ketuntasan belajar mencapai 87%, untuk aspek rasa nyaman ketuntasan belajar mencapai 87%, untuk aspek rasa suka ketuntasan belajar mencapai 87%, aspek rasa kegembiraan ketuntasan belajar anak mencapai 87% sedangkan aspek rasa kerelaan ketuntasan belajar mencapai persentase 76%. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Dalam kegiatan bermain puzzle untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak, seorang guru direkomendasikan untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya kegiatan bermain puzzle seperti puzzle yang menarik, nyanyian dan permainan yang menarik sesuai kebutuhan anak.