MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR
Main Authors: | Endriani, Endriani, Nina, Kurniah, M, Nasirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4740/1/ENDRIANI.pdf http://repository.unib.ac.id/4740/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini secara umum adalah Apakah metode bercerita dengan media gambar, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini ?. Dan penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan enam kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut : 1). Perencanaan, 2). Tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 orang anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Dwi Darma Kandang Limun Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif kuantitatif dengan menggunakan rumus skor rata-rata anak dan persentase keberhasilan anak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini terbukti dari skor keberhasilan yang dicapai setiap siklus yakni : Pra Siklus (18%), Siklus satu (55%), dan siklus dua (86%). Saran yang dikemukakan adalah : 1). Dalam bercerita ekspresi dan penjiwaan harus dikuasai demi menarik perhatian anak, 2). Gambar yang digunakan jelas tidak boleh mematikan imajinasi anak, 3). Penguasaan kelas dan memperbanyak memberikan motivasi dan pujian kepada anak.