PENINGKATAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI METODE BERNYANYI DI PAUD KENCANA KOTA BENGKULU
Main Authors: | Susanti, Erma , Pudji , Hartuti, Norman, Syam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4732/1/SUSAN%20PDF-2.pdf http://repository.unib.ac.id/4732/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai-nilai agama melalui metode bernyanyi di PAUD Kencana. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan data dokumentasi. Ada 15 perilaku yang menjadi indikator tingkat pemahaman siswa, 7 perilaku untuk siklus I, dan 8 perilaku pada siklus II yang dibagi menjadi II pertemuan, dengan pengkategorian baik untuk penguasaan 10-15 perilaku, sedang untuk 5-10 perilaku, dan kurang untuk penguasaan 1-5 perilaku yang bisa dilakukan siswa. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa PAUD Kencana. Hasil penelitian menunjukan 6 orang siswa mampu menguasai atau mengamalkan 10-15 perilaku, 3 orang siswa mampu menguasai atau melakukan 5-10 perilaku dan 1 orang siswa hanya bisa melakukan 1 perilaku. Tingkat penguasaan ini juga dipengaruhi oleh usia siswa, interaksi atau peran dari lingkungan ana, baik sekolah maupun rumah tempat tinggal. Kesimpulan yang bisa diambil adalah metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman anak akan nilai-nilai agama dan bisa menjadi metode alternatif dalam menanamkan nilai agama kepada siswa didik.