"MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KEPINGAN GEOMETRI"

Main Authors: Agustina, Zuliana, Saparahayuningsih, Saparahayuningsih, M, Nasirun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4729/1/ZULIANA%20A1I008045.pdf
http://repository.unib.ac.id/4729/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini yaitu, apakah dengan menggunakan media kepingan geometri dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak baik dalam tahapan konsep, transisi dan lambang. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak (konsep, transisi dan lambang). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan indikator keberhasihan adalah 75%. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dengan menggunakan media kepingan geometri diperoleh hasil sebagai berikut, Pada siklus satu dalam pembelajaran dengan menggunakan media kepingan geometri untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak memperoleh hasil rata-rata 62 dengan kategori cukup. Pada siklus kedua mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan media kepingan geometri memperoleh hasil rata-rata 81% dengan kategori sangat baik dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kepingan geometri dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A Paud Kasih Ibu Desa Kembang Seri.