Pengaruh Iklim Belajar dan Lingkungan Belajar Rumah terhadap Hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa di Kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu
Main Authors: | Oktanti, Lisa, Rudi , Rudi , Nurul, Astuty Yensy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4717/1/SKRIPSI%20LISA.pdf http://repository.unib.ac.id/4717/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu, pengaruh lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu, dan pengaruh iklim belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 147 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster dan terpilih sebagai sampel berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kausal komparatif. Data iklim belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah diperoleh dengan angket dalam bentuk pertanyaan dengan pengskoran nilai, sedangkan hasil belajar matematika siswa diperoleh dari hasil tes dalam bentuk soal objektif dengan empat alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis tes iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu didapat bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikanantara iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu sebesar 86,99%. Demikian juga dari hasil analisis tes lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMPN 7 Kota Bengkulu sebesar 42%. Dan berdasarkan tes pengaruh iklim belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah secara bersama-sama terhadap 8 hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu terdapat pengaruh yang positif dan dignifiakan antara pengaruh iklim belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu sebesar 68,1 %.