MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF PADA ANAK USIA DINI DI TK KARTIKA II-40 KODIM LUBUKLINGGAU

Main Authors: Wahyuni, Sri, Pudji , Hartuti, Afifatus , Sholihah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4666/1/I%2CII%2CIII-1-13-sri-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4666/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-sri-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4666/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kooperatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelomok B TK Kartika II-40 Kodim Lubuklinggau dengan jumlah 20 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Tahap penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian pada akhir siklus I, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek mau bermain mencapai 15%, bekerjasama dengan teman mencapai 15%, saling membantu dalam permainan mencapai 20%, melaksanakan tugas dan peran yang diberikan mencapai 25%, dapat memuji teman mencapai 20%,mantaati peraturan mencapai 15%. Sabar menunggu giliran mencapai 10%,antusias ketika bermain mencapai 15%, mengendalikan emosi dengan cara wajar mencapai 15%, senang ketika mendapat giliran mencapai 10%. Pada siklus II, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek mau bermain mencapai 70%, bekerjasama dengan teman mencapai 75%, saling membantu dalam permainan mencapai 75%, melaksanakan tugas dan peran yang diberikan mencapai 75%, dapat memuji teman/orang lain mencapai 85%, mantaati peraturan mencapai 75%. Sabar menunggu giliran mencapai 80%,antusias ketika bermain mencapai 85%, mengendalikan emosi dengan cara wajar mencapai 80%, senang ketika mendapat giliran mencapai 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.