MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF VOKAL DAN KONSONAN DI TKIT IZZATUL ISLAM KABUPATEN LEBONG
Main Authors: | Zuami, Ratna, Puspa , Djuwita, Sri , Saparahayuningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4653/1/IV%2CV%2CLAMP-1-13-rat-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4653/2/I%2CII%2CIII-1-13-rat-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4653/3/IV%2CV%2CLAMP-1-13-rat-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4653/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan huruf vokal dan konsonan pada anak usia dini, untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membedakan huruf vokal dan konsonan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan subjek penelitian adalah anak TKIT Izzatul Islam pada kelompok A dengan jumlah anak 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus disetiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Lembar observasi anak dan guru digunakan untuk mengetahui aktivitas anak dan guru didalam kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa permainan kartu huruf vokal dan konsonan dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf. Hal ini dapat terlihat dari persentase rata-rata dua aspek aktivitas belajar mengenal huruf yaitu pada siklus I mencapai 64,67 % sedangkan pada siklus II mencapai 81,33%.