PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN DAN PERSONALITAS TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)

Main Authors: Murdiyanto , Nurvi, Lisa, Martiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4423/1/I%2CII%2CIII-NUR-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/4423/2/IV%2CV-NUR-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/4423/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi, pengetahuan mahasiswa, dan personalitas (jati diri) mempengaruhi mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dari 100 orang responden melalui penyebaran kuisioner di Universitas Bengkulu (UNIB) dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Hampir seluruh pertanyaan disusun dengan skala likert dengan lima peringkat jawaban dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju, dan bobot nilai 1 sampai 5. Data diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini mempunyai beberapa implikasi untuk berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Dari temuan yang diperoleh pada penelitian ini, variabel personalitas dan pengetahuan mahasiswa merupakan faktor yang paling signifikan mempengaruhi minat mahasiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk), sedangkan untuk motivasi tidak signifikan mempengaruhi minat untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk), padahal PPAk diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas seorang akuntan yang menguasai dan memiliki keahlian dalam bidang akuntansi, dan juga dapat meningkatkan pendapatan seseorang pada saat bekerja karena dianggap bahwa setelah lulus PPAk seseorang dapat bekerja di kantor akuntan publik yang diharapkan dapat menghasilkan pendapatan yang tinggi atau besar.