STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU

Main Authors: Yuniana Wulandari, Beti , Puspa , Djuwita, Herman , Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4397/1/Skripsi%20Beti%20Yuniana%20Wulandari.pdf
http://repository.unib.ac.id/4397/
Daftar Isi:
  • Permasalahan umum penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru terhadap tujuan pendidikan moral dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif-eksploratif. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis data dalam bentuk narasi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pengelolaan perangkat dan proses pembelajaran PKn dalam mencapai tujuan pendidikan moral yang dilakukan oleh guru masih belum maksimal. Sehingga, penguasaan guru dalam melaksanakan evaluasi perilaku moral juga masih belum maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 27 Kota Bengkulu masih belum maksimal. Saran dari peneliti, untuk mencapai pengembangan perilaku moral yang optimal guru harus lebih meningkatkan kualitas dan penguasaannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan moral. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.