MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELOMPOK BERMAIN AL‐HIDAYAH KECAMATAN KOTA MANNA
Main Authors: | Siswanti, Heni , I Wayan , Dharmayana, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4159/1/I%2CII%2CIII-1-13-hen-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4159/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-hen-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4159/ |
Daftar Isi:
- Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Anak kurang termotivasi belajar berhitung, anak kurang perhatian, anak tidak memperhatikan penjelasan guru, anak cenderung melakukan aktivitasnya sendiri di luar arahan guru, ketika guru memberikan pertanyaan anak tidak merespon.Tujuan Penelitian secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media video di Kelompok Bermain Al-Hidayah kecamatan Kota Manna, secara khusus yaitu: Agar anak dapat berhitung secara urut sesuai dengan angka-angka yang dilihatnya pada media video, agar anak dapat berhitung dengan benda-benda sesuai jumlah angka yang dilihatnya pada media video, agar anak dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan dua buah angka melalui media video. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas,yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Kemampuan anak berhitung secara urut sesuai dengan angka yang dilihatanak pada media video sudah meningkat, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mencapai kreteria nilai amat baik dan baik :66,75%, meningkat pada siklus II: 73,3%, meningkat pada siklus III : 86,7%.Kemampuan anak berhitung dengan benda-benda sesuai jumlah angka yang dilihatnya dalam video sudah meningkat, dibuktikan dengan keberhasilan pada siklus I dengan mencapai kreteria nilai amat baik dan baik : 53,4%, meningkat pada siklus II : 60%, meningkat pada siklus III : 80%. Kemampuan anak menghitung penjumlahan dan pengurangan dua buah angka melalui media video sudah meningkat, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mencapai kreteria nilai amat baik dan baik : 40 %, meningkat pada siklus II : 53,4% dan meningkat pada siklus III : 80%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa: Penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Kelompok Bermain Al-Hidayah Kecamatan Kota Manna.