MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSIAPAN MEMBACA MELALUI TEKNIK BERMAIN SCRAMBEL PADA ANAK USIA DINI

Main Authors: Harnita, Fitri Yana , M. Nasirun, M. Nasirun, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4157/1/I%2CII%2CIII-1-13-fit-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4157/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-fer-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4157/
Daftar Isi:
  • Fokus permasalahan penelitian ini Apakah bermain scrambel dapat meningkatkan kemampuan persiapan membaca anak pada Anak Usia Dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian anak-anak kelas B1 yang berjumlah 13 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekanik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan T-test dan persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik bermain scrambel dapat meningkatkan kemampuan persiapan membaca pada anak usia dini. Hasil perhitungan uji signifikansi menunjukan bahwa thit=3,5 > ttab (1%=3,06 & 5%=2,18) dan rata-rata persentase aktivitas belajar membaca anak pada aspek mengenal huruf, membaca kata, dan menyusun kata sudah mencapai indikator keberhasilan 75%. Adapun faktor yang mendukung aktivitas belajar membaca melalui bermain scarmbel antara lain antusias anak dan media pembelajaran yang menarik. Sedangkan faktor yang menghambat aktivitas belajar membaca melalui teknik bermain scrambel antara lain beberapa anak yang masih belum bisa mengenal huruf, kebanyakan anak belum paham dengan kegiatan bermain scrambel, dan anak belum memahami secara jelas langkah-langkah dalam bermain scrambel. Dalam penerapan teknik bermain scrambel untuk meningkatkan kemampuan persiapan membaca pada anak usia dini direkomendasikan seorang guru harus menyiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya teknik bermain scrambel.