MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAKKARTIKA KOTA BENGKULU

Main Authors: Elyda, Elyda, Nina, Kurniah, Sinthia, Sinthia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4136/1/I%2CII%2CIII-1-13-ely-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4136/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-ely-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4136/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran. dilaksanakan di TK KARTIKA Kota Bengkulu pada kelompok BI yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan . jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus setip siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi yang diolah dengan menggunakan persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak yang meliputi keberanian, ketepatan, kerjasama.Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini bahwa: penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok BI TK KARTIKA Kota Bengkulu