PEMBANGUNAN ROLE PLAYING GAME KESATRIA ASTINA BERDASARKAN PEWAYANGAN JAWA MENGGUNAKAN RPG MAKER VX ACE
Main Authors: | Deva, Widi Prima, Azhar, Johar, Funny, Farady Coastera |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4132/1/I%2CII%2CIII%2C3-13-wid.FT..pdf http://repository.unib.ac.id/4132/2/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-wid.FT..pdf http://repository.unib.ac.id/4132/ |
Daftar Isi:
- Wayang merupakan salah satu budaya asli Indonesia dan umumnya berasal dari daerah-daerah yang terdapat di Pulau Jawa, seperti Solo, Yogyakarta, Bandung, dll. Wayang terdiri dari beberapa jenis, antara lain wayang kulit, wayang golek, wayang orang, dll. Pada masa kerajaan Islam di Indonesia, wayang digunakan sebagai salah satu media dakwah dan hiburan rakyat. Seiring perkembangan zaman keberadaan wayang sebagai salah satu hiburan rakyat semakin jarang ditemui. Generasi sekarang lebih menyukai hiburan-hiburan modern dibandingkan dengan wayang. Oleh karena itu wayang harus memiliki kemasan baru yang diminati oleh generasi sekarang. Salah satunya adalah cerita wayang yang dikemas dalam bentuk game. Dalam penelitian ini game akan mengambil peran tokoh-tokoh prontagonis dalam cerita Mahabharata, seperti Pandawa Lima dan Gatotkaca. Untuk dapat menjelaskan cerita dan menyampaikan pesan yang terdapat dalam cerita pada game maka di dalam penelitian ini game akan dikembangkan dalam bentuk Role Playing Game (RPG). Dalam RPG, jalan cerita dapat dijelaskan melalui narasi dan juga dialog antara karakter dan Non Playable Character (NPC). Sistem yang akan digunakan dalam RPG ini adalah turnbased system dan menggunakan grafis 2D. Game akan dikembangkan menggunakan game engine RPG Maker VX Ace yang berbasis bahasa pemograman Ruby. Game engine ini menggunakan Ruby Game Scripting System 3 (RGSS3) sebagai script.