MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BERSAMA KECAMATAN KEDURANG
Main Authors: | Kurniati, Dini , I Wayan , Dharmayana, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4120/1/I%2CII%2CIII-1-13-din-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4120/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-din-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4120/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang, anak kurang mendapatkan media bermain yang dapat meningkatkan kreativitas, Anak merasa bosan bermain dengan media yang berulang-ulang, Kenyataan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Peningkatan Kemampuan Kreativitas anak Melalui Permainan plastisin. Rumusan masalah adalah Bagaimana Permainan Plestisin dapat Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak.Tujuan adalah, untuk meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak melalui permainan Plastisin. Metode adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Harapan Bersama Kecamatan Kedurang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan: dengan menggunakan media plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Harapan Bersama Kecamatan Kedurang. Hal ini dapat terlihat dari hasil pelaksanaan siklus ke II sebagai berikut, hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa dari ke empat aspek yang diamati sudah mencapai 81% s.d 87% keberhasilan. Dan peneliti merekomendasikan Kepada kepala sekolah Agar dapat mempasilitasi guru untuk melakukan pengembangan, agar dapat memenuhi kebutuhan sarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, agar dapat memotivasi guru dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar dapat memberikan dukungan dan dorongan kepada guru-guru agar mau memanfaatkan media yang bervariasi dalam rangka meningkatkan kreativitas anak didik.