MENGEMBANGAKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI SENAM OTAK (BRAIN GYM) PADA ANAK USIA DINI

Main Authors: Purnamasary, Desy Alia , Nina , Kurniah, H. M. Nasirun, H. M. Nasirun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4105/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-des-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4105/3/I%2CII%2CIII-1-13-des-FI...1.pdf
http://repository.unib.ac.id/4105/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kecerdasan kinestetik khususnya kemampuan mengingat dan koordinasi fisik pada anak usia dini menjadi masalah dalam penelitian ini. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah senam otak dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik, khususnya dalam kemampuan mengingat dan koordinasi fisik pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus enam kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut : a) Perencanaan, b) Tindakan, c) Pengamatan, d) Refleksi. Subjek penelitian berjumlah 26 orang anak kelompok Anggrek di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan. Tehnik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan senam otak dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik terbukti pada siklus I dan siklus II, berdasarkan hasil perhitungan t test kemampuan mengingat dan koordinasi fisik yakni t hitung sebesar (± 5,4) lebih besar dari t tabel 3,499 pada taraf kepercayaan yang signifikan 1%. Artinya senam otak dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik khususnya kemampuan mengingat dan koordinasi fisik. Sehingga saran kepada guru-guru bahwa senam otak merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini secara optimal.