MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE DI KELOMPOK B2 TKIT IZZATUL ISLAM KABUPATEN LEBONG
Main Authors: | Sari, Arum Ratna , Suhartono, Suhartono, Yulidesni, Yulidesni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4099/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-aru-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4099/3/I%2CII%2CIII-1-13-aru-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/4099/ |
Daftar Isi:
- Penelitian adalah minat bicara anak TKIT Izatul Islam masih rendah, dalam proses pembelajaran masih banyak anak yang mengalami kesulitan didalam bicara, hal ini dapat di lihat dari banyaknya anak yang masih enggan mengeluarkan kata-kata dari mulutnya untuk menyampaikan apa yang di perlukan dan diinginkannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah kelompok B2 berjumlah 20 orang yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Hasil Karya dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan bicara dengan bermain puzzle dapat di buktikan dengan kemampuan dalam menyusun puzzle dan menceritakan pada siklus I mencapai rata-rata 50%, kemudian pada siklus II meningkatkan menjadi 75%.