PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN YANG MENERAPKAN METODE KUMON DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Main Authors: Murtinah, Siyam , Rusdi, Rusdi, Nurul , Astuty Yensy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4095/1/I%2CII%2CIII-1-13-siy-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4095/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-siy-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4095/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektivitas pembelajaran dengan penerapan metode Kumon lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional poko bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sedangkan sampelnya adalah kelas VII D sebagai kelas control dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran dengan metode Kumon sedangkan kelas kontrol pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas antara pembelajaran yang menerapkan metode Kumon lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan rumus statistic uji t satu arah (uji pihak kanan) dengan taraf nyata