PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII.B SMPN 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Riyadi, Slamet , Connie, Connie, Eko , Risdianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4047/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-sla-FI.PDF
http://repository.unib.ac.id/4047/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-sla-FI.PDF
http://repository.unib.ac.id/4047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep zat dan wujudnya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.B yang berjumlah 37 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 37,5 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 44 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 46,5 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam aspek pemahaman konsep pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 73,84% dan ketuntasan belajar sebesar 72,97% (belum tuntas); pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 75,43% dan ketuntasan belajar sebesar 81,08% (belum tuntas), dan pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 76,30% dan ketuntasan belajar sebesar 94,59% (tuntas).