PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII3SMPN 21 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch)

Main Authors: Khalifah, Nita Umi , Sri , Irawati, Irdam , Idrus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4003/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-nit.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4003/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-nit.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar biologi menggunakan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan Refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa.kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk memperoleh data kualitatif aktivitas guru dan siswa sedangkaninstrumen tes untuk memperoleh data kuantitatif.Hasil analisis data observasi aktivitas guru, pada siklus I diperoleh rerata 24 (baik), siklus II meningkat menjadi 27 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I, rerata skor dari 18 (cukup), siklus II meningkat menjadi 25,5 (baik).Pada siklus I, hasil belajar secara kognitif siswa mengalami ketuntasan dengan rerata 72,97%, siklus II meningkat menjadi 83,78%. Setiap siklus siswa mampu menunjukan aspek afektif dan psikomotorik dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu.