THE EFFECT OF USING A SEMANTIC MAPPING TECHNIQUE IN TEACHING WRITING AT THE GRADE ELEVENTH IPA OF SMA PLUS N 7 BENGKULU
Main Authors: | Nengsih, Tina Ratih., Mulyadi, Mulyadi, Gita , Mutiara Hati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3989/1/I%2CII%2CIII%2C-1-13-tin-fi.pdf http://repository.unib.ac.id/3989/2/IV%2CV%2CLAMP%2C-1-13-tin-fi.pdf http://repository.unib.ac.id/3989/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti efek dari teknik semantic mapping pada pengajaran menulis siswa kelas dua SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik semantic mapping, sementara kelompok pembanding menggunakan teknik biasa. Sebelum diberikan perlakuan, pre tes diberikan kepada kedua kelompok. Skor rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 63,3 dan kelompok pembanding menggunakan teknik biasa 64,5. Hasil dari t tes, t yang diperoleh adalah 0,89, sedangkan pada t tabel adalah 2.00. Jadi, t yang diperoleh lebih kecil daripada t tabel (0,89<2.00). Ini berarti tidak ada beda signifikan antara skor rata-rata dari kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Ini dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok dapat diterima sebagai sampel dalam penelitian ini. Setelah diberikan perlakuan selama enam kali, kemudian post tes diberikan kepada kedua kelompok. Skor rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 66,5 dan kelompok pembanding adalah 65,1. Hasil dari t tes, t yang diperoleh adalah 15,54 sementara t tabel adalah 2.00. Jadi, t yang diperoleh adalah lebih besar dari t table (15,54>2.00).Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari teknik semantic mapping ini pada peningkatan pencapaian siswa dalam menulis.