IMPROVING STUDENTS‟ SPEAKING SKILL BY USING GRAPHIC ORGANIZER AT CLASS X.A OF SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Putri, Melinda, Imranuddin, Imranuddin, Wisma, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3977/1/I%2CII%2CIII%2C-1-13-mel-fi.pdf http://repository.unib.ac.id/3977/2/IV%2CV%2CLAMP%2C-1-13-mel-fi.pdf http://repository.unib.ac.id/3977/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing (II) Wisma Yunita, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan teknik graphic organizer dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berbicara siswa di kelas X.A SMA Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013. Subject penelitian ini ada 32 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari tes kemampuan berbicara, lembar observasi dan lembar catatan. Pada data awal, ada 19 atau 59.4% siswa mencapai nilai standar kelulusan yaitu 77 atau sama dengan kualifikasi satisfactory sampai excellent berdasarkan theory Heaton (1988). Pada siklus I, ada 15 atau 46.9% siswa mencapai kualifikasi satisfactory sampai excellent dan pada siklus II ada 20 atau 62.5% siswa mencapai kualifikasi satisfactory sampai excellent. Berdasarkan hasil dari tes kemampuan berbicara siswa pada siklus II, terjadi perbaikan kemampuan berbicara siswa sebesar 3.1%. Hasil dari lembar observasi dan lembar catatan menunjukan bahwa siswa lebih aktif, antusias , memberikan energi positif pada bahasa tubuh mereka serta merespon pertanyaan dari guru. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa di kelas X.A SMA Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013 bisa ditingkatkan dengan menggunakan teknis graphic organizer