PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK (BIMBINGAN KONSELING) DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA (STUDI PADA SMK S4 PGRI KOTA BENGKULU)

Main Authors: Helensia , Darlena , Gushevinalti, Gushevinalti, Rasiana , BR Saragih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3933/1/DARLENA%20HELENSIA%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3933/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peranan komunikasi interpersonal yang dilakukan Guru BK terhadap siswa SMKS S4 PGRI Kota Bengkulu dalam mengurangi kenakalan siswa. (2) Untuk mengetahui upaya- upaya yang dilakukan Guru BK dalam mengurangi kenakalan siwa. Supaya mencapai pokok permasalahan yang diteliti maka digunakan penelitian diskriptif dengan analisis data kualitatif. Untuk mengetahui peranan tersebut secara jelas, maka peneliti membagi informan menjadi 3 macam, yaitu: 1.Informan pokok penelitian yaitu siswa SMK S4 PGRI Kota Bengkulu yang pernah melakukan pelanggaran berjumlah 15 orang, 2.Guru BK sebagai informan kunci, 3.Kepala sekolah sebagai member check. Instrumen penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, studi pustaka dan observasi. Penelitian ini untuk mengetahui peranan komunikasi interpersonal dan upaya yang dilakukan oleh Guru BK dalam mengurangi kenakalan siswa. Peranan mengacu pada kewajiban, tugas dan hal yang berkaitan dengan posisi tertentu, seperti Guru BK diharapkan berperan untuk memberikan bimbingan konseling yang bertujuan untuk mengurangi kenakalan siswa. Peranan komunikasi interpersonal Guru BK berupa Pemahaman yang meliputi identitas siswa, permasalahan dan lingkungan, Pencegahan yaitu hal yang dilakukan agar kemungkinan tidak terjadi, pengentasan agar siswa tidak mengulangi pelanggarannya.