PEMAKNAAN KOMUNIKASI VISUAL PADA DESAIN IKLAN XL dan THREE (Analisis Semiotika Komunikasi Visual Pada Iklan Cetak XL Localized versi umum Dan Three Anti matigaya! versi buruh”)
Main Authors: | Ihsan Mulyadi, Ahmad, Heri, Supriyanto, Khairil, Buldani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3929/1/PDF%20IHSAN%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3929/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam iklan XL Localized versi umum dan iklan Three Anti matigaya! versi buruh yang termuat dalam media massa, media luar ruang dan media lini bawah. Penelitian ini merupakan studi semiotik dengan menggunakan teori Barthes, dimana peneliti memaknai gambar dan pesan yang terdapat pada iklan XL Localized versi umum dan iklan Three Anti matigaya! versi buruh melalui petanda, penanda, tanda dan mitos. Hasil studi menunjukkan bahwa makna denotative yang diperoleh adalah XL mengeluarkan promo tarif murah kepada konsumen pengguna kartu XL. Makna konotatif yang dapat dimunculkan dari iklan ini adalah bahwa dengan menggunakan produk dari XL maka khalayak tidak perlu khawatir akan layanan XL karena XL akan selalu hadir baik di kota maupun di tengah hutan. Mitos dalam iklan XL ini dapat dilihat dengan penggunaan model yang tampil menarik, cantik dengan ekspresi ceria dan bahagia. Pada iklan Three Anti mati gaya! versi buruh, makna denotatif bahwa Three memberikan layanan gratis internet kepada khalayak sehingga khalayak tidak akan mati gaya. Makna konotatif pada iklan ini terletak pada ilustrasi keempat orang buruh yang sedang melamun, suntuk dan tidak ada kerjaan. Sedangkan mitos pada iklan Three Anti mati gaya! versi buruh ada pada penggunaan kata “gratis”.