ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS BASUKI RAHMAD KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Main Authors: Elviana , Yunisyah, Budiyono , Budiyono , Syamsurizal, Syamsurizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3928/1/Yuni%20Skripsi%20ok%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3928/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Basuki Rahmad Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Pembangunan di bidang kesehatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan nasional. Oleh karena itu dapat pula dikatakan bahwa pembangunan dibidang kesehatan pada hakekatnya dilaksanakan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi semua masyarakat. Tujuan pembangunannasional di bidang kesehatan adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas pelayanan kesehatan pada puskesmas Basuki Rahmad Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang kualitas pelayanan kesehatan pada puskesmas Basuki Rahmad Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif, teknik ini digunakan untuk menganalisa data-data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data-data yang sudah dikumpulkan, metode penetapan informan dalam penelitian ini terdiri dari informan pangkal sebanyak 10 orang pegawai Puskesmas dan informan kunci sebanyak 5 orang merupakan pasien Puskesmas Basuki Rahmad Kecamatan Selebar Kota Bengkulu Hasil penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Basuki Rahmad Kecamatan Selebar Kota Bengkulu masih rendah, hal ini dapat dilihat dari prosedur pelayanan yang panjang dan kesopanan dalam pelayanan yang masih kurang serta keadilan dalam pelayanan masih rendah.