STUDI KOMPARASI HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL DI KELAS III SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Main Authors: Pratiwi, Dea Anggi, Hasnawati, Hasnawati, Sri , Dadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3903/1/I%2CII%2CIII-3-13-DEA-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/3903/2/IV%2CV%2CVI-3-13-DEA-FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/3903/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil pembelajaran Tematik dengan menggunakan penguatan verbal dan non verbal di kelas III SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 20 kota Bengkulu yang berjumlah 99 siswa. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling dan diperoleh kelas IIIA sebagai kelas eksperimen I dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen II. Instrumen pengumpulan data berupa dokumen hasil formatif dan lembar tes berupa posttest, sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen, sehingga uji hipotesis menggunakan test friedman k sampel berpasangan di bantu dengan program SPSS yang memperoleh hasil uji SPSS sebesar 0, 003. Harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga taraf signifikansi sebesar 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran Tematik dengan menggunakan penguatan verbal dan non verbal. Hal ini terbukti dalam rangking test friedman yang membuktikan bahwa penguatan non verbal lebih unggul daripada penguatan verbal.