UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PADA PELATIHAN MENJAHIT DI BALAI PENGEMBANGAN ANAK DAN REMAJA “HARAPAN” BENGKULU

Main Authors: Jjurnia Ningsi, Fitri, Riyanto, Riyanto, Izzudin, Izzudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3809/1/FITRI%20JUNIA%20NINGSI-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3809/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimanakah motivasi warga belajar dalam mengikuti pelatihan menjahit. (2) untuk mengetahui upaya tutor pelatihan menjahit dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar pada Balai Pengembangan Anak dan Remaja Harapan Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, Wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah warga belajar pelatihan menjahit di Balai Pengembangan Anak dan Remaja “Harapan” Bengkulu berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa rerata skor motivasi belajar warga belajar pada pelatihan menjahit yaitu 68 dengan kategori cukup. Upaya yang dilakukan oleh tutor adalah mememerhatikan kehadiran warga belajar, menjelaskan tujuan, memberikan penghargaan, mengetahui hasil pekerjaan, menjelaskan sesuatu yang baru dan bertentangan, mendorong meraih sukses, memberi kesempatan untuk mempraktekan sendiri, menghubungkan antar materi, menggunakan metode simulasi, pemberian tugas secara berkelompok, menciptakan situasi akademis, memperbanyak simulasi dengan banyak diskusi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan kesimpulan tersebut, tutor harus berusaha untuk selalu meningkatkan motivasi warga belajar baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran dengan tetap mempertahankan hubungan yang harmonis dengan warga belajar, dan terus melatih sikap kemandirian warga belajar dalam proses pembelajarannya..