Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Menggunakan Metode Sokrates Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII C Smp Negeri 10 Kota Bengkulu
Main Authors: | Isran, Dodi, Pachrudin, Saleh, Saleh, Haji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3772/1/Dodi%20Isran%20%28Pendidikan%20Matematika.%20A1C005033%29-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3772/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menerapan model pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan metode sokrates dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur pelaksanaan tindakan: (1) Perencanaan (Plannning), (2) Pelaksanaan (Acting), (3) Observasi atau pengamatan (observasi) (4) Refleksi (Reflekting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009, yang berjumlah 39 orang dengan pokok bahasan Bangun ruang (prisma dan limas). Instrumen penelitian ini adalah tes, non tes (lembar obsevasi siswa) dan dokumentasi. Dari hasil analisis hasil belajar, nilai rata-rata siswa meningkat yang semula 45,6 pada siklus I meningkat menjadi 56,9 pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 70,12 pada siklus III. Sedangkan persentase ketuntasan belajar belajar pada siklus I sebesar 38,5%, meningkat menjadi 58,9% pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 87,2% pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing menggunakan metode sokrates dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.