PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Noviarni, Triana, Hermansyah, Amir, Nyoman, Rohadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3766/1/TRIANA%20NOVIYARNI-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3766/
ctrlnum 3766
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/3766/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT&#xD; (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING&#xD; SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN&#xD; AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN</title><creator>Noviarni, Triana</creator><creator>Hermansyah, Amir</creator><creator>Nyoman, Rohadi</creator><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang&#xD; bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA&#xD; SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan pada pokok bahasan hidrokarbon&#xD; khususnya pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna dengan&#xD; menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ( Numbered Head&#xD; Together) dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Alur pelaksanaan&#xD; Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi rencana tindakan, pelaksanaan&#xD; tindakan, observasi dan refleksi.&#xD; Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA semester 2&#xD; SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Siswa kelas XA&#xD; terdiri dari 32 orang siswa, dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 20&#xD; orang siswa dan 12 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan&#xD; menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, angket, lembar&#xD; tes dan tugas rumah. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik&#xD; analisa data deskriptif, yaitu suatu teknik yang mendeskripsikan data dari&#xD; sumber data melalui lembar observasi dan hasil belajar. Dari hasil&#xD; penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa&#xD; penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head&#xD; Together) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar&#xD; kimia dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar ini dilihat dari nilai&#xD; rata-rata siswa pada siklus I sebesar 62,56, siklus II meningkat menjadi&#xD; 66,71 dan siklus III meningkat menjadi 71,39. Aktivitas siswa pada siklus I&#xD; berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 23,3, pada siklus II&#xD; berada pada kategori baik dengan dengan rata-rata skor 27 dan rata-rata&#xD; skor 29 pada siklus III dengan kategori baik.</description><date>2009</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/3766/1/TRIANA%20NOVIYARNI-2.pdf</identifier><identifier> Noviarni, Triana and Hermansyah, Amir and Nyoman, Rohadi (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB. </identifier><recordID>3766</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Noviarni, Triana
Hermansyah, Amir
Nyoman, Rohadi
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD-TOGETHER ) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA N 1 BENGKULU SELATAN
publishDate 2009
topic Q Science (General)
url http://repository.unib.ac.id/3766/1/TRIANA%20NOVIYARNI-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3766/
contents Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XA SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan pada pokok bahasan hidrokarbon khususnya pada sub pokok bahasan alkana, alkena, dan alkuna dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ( Numbered Head Together) dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA semester 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Siswa kelas XA terdiri dari 32 orang siswa, dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 20 orang siswa dan 12 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, angket, lembar tes dan tugas rumah. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif, yaitu suatu teknik yang mendeskripsikan data dari sumber data melalui lembar observasi dan hasil belajar. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar ini dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 62,56, siklus II meningkat menjadi 66,71 dan siklus III meningkat menjadi 71,39. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 23,3, pada siklus II berada pada kategori baik dengan dengan rata-rata skor 27 dan rata-rata skor 29 pada siklus III dengan kategori baik.
id IOS6175.3766
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:04:11Z
last_indexed 2018-09-17T09:04:11Z
recordtype dc
_version_ 1674557884618244096
score 17.538404