UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PEMANFAATAN ANIMASI KIMIA KOMPUTASI DI KELAS XF SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Astuti, Tri, Sumpono, Sumpono, Agus, Sundaryono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3763/1/TRI%20ASTUTI-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3763/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peningkatan aktivitas belajar pada sub konsep stoikiometri dan 2) Peningkatan hasil belajar pada sub konsep stoikiometri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Data dianalisis secara deskriptif. Aktivitas siswa : (a) Siklus I : skor rata-rata 24,5 dengan kategori cukup, (b) Siklus II skor rata-rata 31 dengan kategori baik, (c) Siklus II skor rata-rata 36 dengan kategori baik. Hal-hal yang ditunjukkan dari hasil belajar fisika (a) Siklus 1: pemahaman konsep, skor rata-rata 67,45 dan daya serap 67,45% serta ketuntasan belajar 41,67% ; (b) Siklus II : pemahaman konsep, skor rata-rata 76,73 dengan dan daya serap 76,73% serta ketuntasan belajar 77,78% ; (c) Siklus III : pemahaman konsep, skor rata-rata 85,93 dengan dan daya serap 85,93% serta ketuntasan belajar 91,67%. Penerapan Model Cooperative Type Team Games Tournament (TGT) dengan Pemanfaatan Animasi Kimia Komputasi di Kelas XF SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada sub konsep Stoikiometri.