MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS XD SMA N 6 KOTA BENGKULU

Main Authors: Anggraini, Popi Sri, Sumpono, Sumpono, Salastri, Rohiat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3750/1/POPI%20SRI%20ANGGRAINI-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3750/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XD SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009, dengan tujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi di kelas XD SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dan (2) mengetahui keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan data diperoleh dari tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rata-rata kelas, daya serap klaksikal dan menentukan ketuntasan belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas (6,53), daya serap klaksikal (65,3%) dan ketuntasan belajar (59,3%). Pada siklus II, nilai rata-rata kelas (7,31), daya serap klaksikal (73,1%) dan ketuntasan belajar (78,1%). Dan pada siklus III nilai rata-rata kelas (7,75), daya serap klaksikal (77,5%) dan ketuntasan belajar (90,6%). Sedangkan aktifitas siswa dengan rata-rata skor untuk siklus I adalah 54 (kriteria baik), siklus II adalah 61 (kriteria baik) dan siklus III adalah 67,5 (kriteria baik).