PENGGUNAAN PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVC SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Main Authors: Pirnawati , Tuti , Puspa , Djuwita, Sri, Irawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3677/1/Skripsi%20Tuti%20Pirnawati%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PKn dan ketuntasan belajar siswa kelas IVC SD Negeri 69 Kota Bengkulu melalui penerapan Peta Konsep Sebagai Media Pengajaran pada pokok bahasan sistem pemerintahan Kota dan Provinsi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SD Negeri 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 30 termasuk kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 23 termasuk kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kelas 6,6, dan ketuntasan belajar klasikal 64,5 %, (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 33 termasuk kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 27, termasuk kategori baik, sedangkan nilai rata-rata 7,4, dan ketuntasan belajar klasikal 87,1 %. Berdasakan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan peta konsep sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan sistem pemerintahan kota dan provinsi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran PKn dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IVC SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru PKn untuk menerapkan peta konsep sebagai media pembelajaran terutama pada pokok bahasan sistem pemerintahan kota dan provinsi. Dalam penerapan peta konsep sebagai media pembelajaran hendaknya guru memberikan perhatian yang merata kepada siswa pada saat proses pembelajaran sehingga siswa benar-benar mampu menguasai konsep yang diajarkan.