PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS Va SD NEGERI NO. 07 KOTA BENGKULU

Main Authors: Kencana , Nila , Sri , Ken Kustianti, Ansyori , Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3665/1/Skripsi%20Nila%20Kencana%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3665/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas Va di SD Negeri No.07 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Make A Match dengan Bermain Peran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va Sekolah Dasar Negeri No. 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yaitu, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 6.91, dan siklus II 8.00. Daya serap klasikal pada siklus I sebesar 6.91%, siklus II 96.15%. Rata-rata aktifitas siswa pada siklus I adalah 24 pada kriteria baik, siklus II 26 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk rata-rata skor aktifitas guru pada siklus I sebesar 33 pada kriteria baik, siklus II 35 dengan kriteria baik.