STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN YANG MENERAPKAN METODE INKUIRI MELALUI PERUMUSAN HIPOTESIS DAN PENGUJIANNYA DENGAN PEMBELAJARAN YANG TIDAK MENERAPKAN METODE INKUIRI DI KELAS XI IA SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Susanti, Elfri, Sumpono, Sumpono, Elvinawati , Elvinawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3664/1/I%2CII%2CIII-ELF-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/3664/2/IV%2CV-ELF-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/3664/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran kimia dengan menerapkan metode inkuiri melalui perumusan hipotesis dan pengujiannya dan pembelajaran kimia yang tidak menerapkan metode inkuiri di kelas XI IA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu dan yang menjadi sampel adalah kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen, dan XI IA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dengan menggunakan data tes (pre test dan post test). Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menerapkan metode inkuiri melalui perumusan hipotesis dan pengujiannya dengan pembelajaran yang tidak menerapkan metode inkuiri. Uji-t kedua kelas sampel diperoleh t = 2,75 sedangkan t =2,39 pada taraf signifikan 1%, berarti t hitung hitung > t tabel tabel (0,99)(73) sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan metode inkuiri melalui perumusan hipotesis dan pengujiannya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya tidak menerapkan metode inkuiri.