UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KONSULTATIF BERBANTUAN KARTU KOMPETITIF ( Classroom Action Research )

Main Authors: Panjaitan, Anita Yuliza, Bahar, Amrul , Elvia, Rina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3657/1/I%2CII%2CIII-ANI-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/3657/2/IV%2CV-ANI-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/3657/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia sis akan dalam tig Bismillaahirrahmaanirrahiim A1F003001 RAK wa pada pokok bahasan Konsep Mol dengan penerapan model pembelajaran kooperatif konsultatif berbantuan kartu kompetitif yang dilaksanakan di Kelas I TMR (Teknik Motor Ringan) SMKN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksan a siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrumen tes yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu persentase daya serap, ketuntasan belajar secara klasikal, dan rata-rata skor observer. Berdasarkan analisa dan pembahasan pembelajaran kooperatif konsultatif berbantuan kartu kompetitif ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa. Hal ini dapat dilihat daya serap siswa yaitu siklus I dengan skor 67,37 %, siklus II dengan skor 72,11 % dan skor pada siklus III yaitu 79,11 % (2) Ketuntasan belajar klasikal yaitu siklus I dengan skor 62,86 %, siklus II dengan skor 80 % dan skor pada siklus III yaitu 93,5 % (3) aktivitas siswa siklus I dengan skor 14,67 (cukup), siklus II dengan skor 19 (cukup) dan skor pada siklus III yaitu 23,67 (Baik) dan (4) motivasi siswa siklus I dengan skor 22,33 (sedang), siklus II dengan skor 30,67 (sedang) dan skor pada siklus III yaitu 36,67 (tinggi).