UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH MODEL SSCS (Searching, Solving, Creating, Sharing) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP CAHAYA DI KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Verawati, Yayuk, Nirwana, Nirwana, Indra, Sakti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3635/1/PDF%20YAYUK%20VERAWATI%20A1E005056.pdf
http://repository.unib.ac.id/3635/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009, Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII 3 SMP N 1 Kota Bengkulu pada konsep cahaya setelah pembelajaran dengan metode pemecahan masalah model SSCS. 2). Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII 3 SMP N 1 Kota Bengkulu pada konsep cahaya setelah pembelajaran dengan metode pemecahan masalah model SSCS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observsi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas VIII.3 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil lembar observasi belajar siswa pada siklus I 40 dengan kategori cukup, pada siklus II 44 dengan kategori baik, dan pada siklus III 48 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I, pada aspek kognitif nilai rata-rata 67,9, daya serap 67,9 %, dan ketuntasan belajar 60 %, pada siklus II, nilai rata- rata 78,9, daya serap 78,9 %, dan ketuntasan belajar 80 %, pada siklus III, nilai rata-rata 87,6, daya serap 87,6 %, dan ketuntasan belajar 100 %.