PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEKNIK KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DALAM UPAYAMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 19 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Susanti, Elvi , Riyanto, Riyanto, Ansyori , Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3576/1/Skripsi%20Elvi%20Susanti%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3576/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 19 Kota Bengkulu melalui penerapan metode Cooperative Learning Tipe Teknik Kepala Bernomor Struktur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu kepada ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 32,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 39,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 38,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 52,777% dengan nilai rata-rata 6,902. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 91,666% dengan nilai ratarata meningkat menjadi 8,069. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning Tipe Teknik Kepaala Bernomor Struktur dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 19 Kota Bengkulu.