PENERAPAN METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Main Authors: Indah Ayu, Aprita, Abdul , Muktadir , Dalifa, Dalifa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3566/1/Skripsi%20Aprita%20Indah%20Ayu%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3566/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa serta aktivitas guru, dan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IVB di SDN 19 Kota Bengkulu melalui penerapan metode diskusi. Jenis penelitian yang dilakukan dalai penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisa data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 33 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 24 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 35 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 26 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 60,60% dengan nilai rata-rata 6,78. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 93,93% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IVB SD Negeri 19 Kota Bengkulu.