ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN DI WARUNG INTERNET (WARNET) MITRANDA BENGKULU

Main Authors: Suryadi, Sistrian , Budi, Supriyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3554/1/skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/3554/
Daftar Isi:
  • Warnet mitranda Bengkulu merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa telekomunikasi dan informasi. Pada saat ini telah banyak bermunculan usaha-usaha lain yang bergerak dibidang yang sama, sehingga perlu untuk memperbaiki kinerjanya agar pelanggan mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada usaha sejenisnya. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak pengelola jasa Warnet Mitranda ini bahwa untuk meningkatkan daya saing, dan menarik serta mempertahankan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi konsumen dan bechmarking), atribut jasa, parameter teknik, respon teknis, hubungan antara atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengetahui keinginan pelanggan, maka digunakan kuisioner. Selanjutnya digunakan derajat kepentingan, tingkat kepuasan pelanggan (skala preferensi konsumen), penentuan parameter teknik, interaksi keeratan hubungan antara penjelasaan teknis dan atribut jasa, nilai target, prioritas teknis, kesulitan teknis, serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Setelah dilakukan pengolahan maka diperoleh 22 atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, dan 10 parameter teknik yang disediakan pihak Warnet Mitranda Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 78,85. Sedangkan warnet pesaingnya yakni Warnet Defender Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 77,07, maka Warnet Mitranda Bengkulu lebih unggul dibandingkan pesaingnya.