PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP PADA POKOK BAHASAN OPERASI PECAHAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL KOOPERATIF (STUDI DI KELAS VII SMPN 8 KOTA BENGKULU)

Main Authors: Yusuf s, Nurman, Wahyu , Widada, Zamzaili , Zamzaili
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3547/1/Skripsi%20Nurman%20Yusuf%20S%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3547/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) Menentukan deskripsi proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP pada pokok bahasan operasi pecahan dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dan model kooperatif (2) Menghasilkan dengan baik perangkat pembelajaran matematika SMP pada pokok bahasan operasi pecahan dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dan model kooperatif. Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap alur penelitian yaitu: Pendefinisian ⇒ Perancangan ⇒ Uji coba yang meliputi uji ahli, uji terbatas empirik dan uji lapangan besar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 88 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2009/2010, yang berjumlah 12 siswa untuk uji terbatas empirik dan berjumlah 37 siswa untuk uji lapangan. Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian RPP, instrumen validasi buku siswa, instrumen validasi LKS, lembar validasi tes essay, instrumen validasi tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tanggapan siswa dan tes. Data hasil tes dianalisis untuk melihat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP pada pokok bahasan operasi pecahan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan model kooperatif di SMPN 8 Kota Bengkulu melalui 3 tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, dan tahap uji coba meliputi uji ahli, uji terbatas empirik dan uji lapangan besar. Sedangkan untuk tahap ke-empat yaitu tahap penyebaran tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. (2) Hasil proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP pada pokok bahasan operasi pecahan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan model kooperatif di SMPN 8 Kota Bengkulu berupa Buku Siswa, LKS dan RPP. Tahap pengembangan ini berupa validasi dan revisi dari para ahli kemudian dilaksanakan ujicoba pada keadaan yang sebenarnya untuk melihat kesesuaian dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Sehingga setelah mengalami uji coba yang telah dilaksanakan dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam kategori valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan pada pembelajaran matematika.