PENERAPAN TEORI BELAJAR GAGNE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU
Main Authors: | Puspita, Nora, Rusdi, Rusdi, Wahyu , Widada |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3544/1/NORA%20PUSPITA%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3544/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa, meningkatkan frekuensi aktivatas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalu penerapan teori belajar Gagne dengan strategi motivasi ARCS pada pokok bahasan melukis garis-garis istimewa pada suatu segitiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pesantren Pancasila Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tiga siklus. Dari hasil analisis angket motivasi berprestasi siswa pada siklus I dan siklus II jumlah siswa yang memberikan respon positif mencapai 90,47% dan siklus III 100% siswa memberikan respon positif. Frekuensi aktivitas siswa pada siklus I belum efektif sedangkan pada siklus II dan siklus III sudah efektif. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan setiap siklusnya, pada siklus I nilai rata-rata siswa 56,67, kemudian pada siklus II menjadi 79,76. Selanjutnya pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,90. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Dimana pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 53,38%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 33,33% dari siklus I sehingga menjadi 85,71%. Selanjutnya pada siklus III ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 9,03% dari siklus II sehingga menjadi 94,74%. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan teori belajar Gagne dengan strategi motivasi ARCS pada pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa, frekuensi aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.