KORELASI ANTARA POSISI KENDALI INTERNAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA SISWA PROGRAM IPA DI SMAN 5 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Authors: Sutinah, Welli, Agus , Sundaryono, Riyanto, Riyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3514/1/WELLI%20SUTINAH%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3514/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak adanya korelasi positif yang signifikan antara posisi kendali internal dengan motivasi belajar kimia pada siswa program IPA di SMAN 5 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui besar sumbangan variabel posisi kendali internal terhadap motivasi belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data diolah secara kuantitatif menggunakan analisis statistik korelasional dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution release 16 (SPSS 16). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara posisi kendali internal dengan motivasi belajar kimia pada siswa program IPA di SMAN 5 Kota Bengkulu pada taraf kepercayaan 5%. Rumus yang digunakan adalah Rumus Korelasi Product Moment. Untuk kelas XI diperoleh r hitung = 0,665 dan untuk kelas XII diperoleh r hitung = 0,734, sedangkan r xy xy tabel xy = 0,361 pada taraf kepercayaan 5%. Sumbangan variabel posisi kendali internal terhadap motivasi belajar kimia siswa adalah 44% di kelas XI dan 54% di kelas XII. Uji t diperoleh t = 4,712 di kelas XI dan t = 5,719 di kelas XII, sedangkan t hitung tabel hitung = 2,05. Berdasarkan uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara posisi kendali internal dengan motivasi belajar kimia pada siswa program IPA di SMAN 5 Kota Bengkulu.