PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRI TERPIMPIN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH) 4

Main Authors: Putra Jaya, Z Aperi, Nirwana, Nirwana, Eko, Risdianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3503/1/Z%20PDF%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3503/
Daftar Isi:
  • Z Aperi Putra Jaya. 2009 Penerapan Pembelajaran Inquiri Terpimpin Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Optika Geometri Dan Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar pada konsep optika geometri dan alat-alat optik dengan penerapan pembelajaran inquiri terpimpin pada siswa kelas X 4 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu, (2) Untuk mengetahui peningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan pembelajaran inquiri terpimpin pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah ini adalah siswa kelas X 4 SMA negeri 8 kota bengkulu yang berjumlah 39 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 24 4 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriftif dan mengacu pada keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 26 dengan kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik, dan meningkat lagi menjadi 31 pada siklus III dengan kriteria baik. Hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 66,66% meningkat pada siklus II menjadi 74,35% dan 87,18%. Hasil kinerja ilmiah siklus I diperoleh rata-rata sebesar 76,24, siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 80,09, dan 83,50 untuk siklus III. Keyword: pembelajaran inquiri, keaktifan siswa, hasil belajar