PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: trikartika, Yuniar, Sakti Lubis, Indra , Dedy, Hamdani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3501/1/yuniar%20Tri%20Kartika%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3501/
Daftar Isi:
  • Yuniar trikartika, 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Konsep Tekanan di Kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada konsep tekanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 32 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian (a) hasil belajar siswa terdiri dari aspek pemahaman konsep dan kinerja ilmiah. Untuk aspek pemahaman konsep pada siklus I nilai rata-rata 66,85 dan ketuntasan belajar 53,12% (belum tuntas), pada siklus II nilai rata-rata 74,58 dan ketuntasan belajar 83,37% (tuntas). Pada siklus III nilai rata-rata 76,30 dan ketuntasan belajar 90,62%(tuntas). Aspek kinerja ilmiah nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 13,48 dalam kategori baik, siklus II sebesar 14,15 dalam kategori baik dan pada siklus III nilai rata-rata sebesar 14,66 dalam kategori baik. (b) aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata sebesar 20 dalam kategori baik, siklus II sebesar 22 dalam ketegori baik dan pada siklus III sebesar 23 dalam kategori baik.